Melangkah ke Depan: FASILKOM UBHARA JAYA Gelar Program Mentoring Entrepreneur Muda untuk Mengasah Keahlian Wirausaha di Dunia Teknologi Informasi

Jakarta – 19 Agustus 2023. Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBHARA JAYA) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk tahun anggaran 2023. Kegiatan ini didanai oleh UBHARA JAYA melalui program Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Internal. PKM ini mengusung tema Program Mentoring Entrepreneurship Muda Untuk Menumbuhkan Kemampuan Wirausaha Bidang Teknologi Informasi Bagi Mahasiswa Semester Akhir FASILKOM UBHARA JAYA.

Sesuai temanya, kegiatan PKM ini bertujuan untuk mencetakan calon wirausahawan muda lulusan ilmu komputer dan informatika agar mampu menciptakan peluang pekerjaan setelah lulus. Beberapa materi yang disampaikan terkait dengan bagaimana menciptakan peluang usaha dibidang data science, data analyst, jaringan komputer, administrator jaringan, konsultan IT serta software engineering. Puncak materi yang disampaikan adalah bagaimana membuat perusahaan perseorangan secara mandiri agar mampu menjadi entrepreneur muda di masa mendatang.

Isu mengenai tingkat pengangguran yang diakibatkan oleh lulusan perguruan tinggi bukanlah fenomena baru di Indonesia. Dampak ini tidak hanya berlaku pada alumni perguruan tinggi negeri, tetapi juga melibatkan perguruan tinggi swasta dengan berbagai tingkat reputasi, mulai dari baik, sangat baik, hingga unggul. Permasalahan pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi menjadi persoalan yang sangat kompleks, memerlukan penanganan holistik dengan memperbaiki berbagai aspek terkait.

Dalam menghadapi tantangan ini, banyak perguruan tinggi saat ini fokus pada penyempurnaan kurikulum dan lebih memprioritaskan kebutuhan industri untuk menciptakan tenaga kerja, daripada membahas kebutuhan mensejahterakan lulusan melalui pengembangan kemampuan kewirausahaan yang sesuai. Meski demikian, terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk membantu menekan atau bahkan mengurangi tingkat pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi.

Dalam mendukung perkembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, terdapat berbagai strategi yang dapat diterapkan, salah satunya adalah melalui pelaksanaan program mentoring dan pendampingan. Program ini bertujuan untuk mencetak entrepreneur muda yang sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. Selain membantu mewujudkan impian mahasiswa menjadi pengusaha, kewirausahaan juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

Lebih jauh, kewirausahaan di kalangan mahasiswa memiliki dampak signifikan, antara lain membuat mahasiswa atau lulusan menjadi lebih mandiri [3]. Selain itu, melalui program ini, mindset lulusan yang awalnya berorientasi pada pencarian pekerjaan dapat berubah menjadi lulusan yang siap menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian, program mentoring dan pendampingan diharapkan dapat menciptakan lulusan yang tidak hanya melihat dirinya sebagai pencari pekerjaan, tetapi juga sebagai pengusaha yang mampu melihat peluang bisnis dengan baik, bahkan tanpa harus memiliki modal besar.

kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui webinar yang menyoroti tiga topik utama terkait karir di bidang teknologi informasi. Webinar ini menghadirkan narasumber terkemuka seperti Ajif Yunizar Pratama Yusuf, M.Eng., yang membahas karir sebagai data scientist dan data analyst. Selain itu, Dwipa Handayani, M.MSI., memaparkan strategi membangun konsultan IT dengan modal nol, sementara Dr. Tb Ai Munandar, S.Kom., M.T., memberikan wawasan tentang membangun karir di bidang Software Engineering.

Pelatihan tahap pertama ini, yang berlangsung pada tanggal 19 Agustus 2023 secara daring melalui zoom meeting, merupakan bagian integral dari upaya pemberdayaan para calon entrepreneur muda di bidang teknologi. Acara dimulai dengan pembukaan resmi yang diselenggarakan oleh ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dr. Tb Ai Munandar S.Kom., M.T. Dalam sambutannya, ketua tim PKM menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut, merinci materi yang akan disampaikan, dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim dan peserta pelatihan.

“Kegiatan PKM ini diharapkan memberikan soft skill untuk mahasiswa semester akhir agar mampu membangun wirausaha berbasis teknologi informasi”, ungkap Ketua PKM, Munandar.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *